Sejarah suzuki TS series

Sebagai penggemar 2 stroke dan motor trail, kemunculan suzuki TS sebagai motor light trail yang terjangkau di jamannya memang merupakan saat saat yang membahagiakan :lol: bahkan saya sendiri sempat ingin meminangnya waktu SMU dulu, tapi apa mau dikata tabungan tidak kunjung mencukupi :mrgreen:

Walaupun sekarang sudah berpaling ke trail kawasaki dan 4 tak pula, tapi kekaguman pada motor trail suzuki ini tak pernah pudar, bahkan sampai sekarang kalau ada polisi yang lagi bawa TS suka saya ikutin dari belakang :mrgreen:

Back to topic, kali ini mari kita bahas sejarah suzuki TS series baik yang beredar di luar negeri maupun yang di indo

Sejarah Suzuki TS 125 Series

Model 1 : Suzuki TS pertamakali diperkenalkan di pasar domestik Jepang pada tahun 1970. bermesin 2 tak, dengan isi silinder 125 cc, mempunyai tenaga maksimum 13 bhp, 5 percepatan dan knalpotnya masih dibawah menjulur ke atas. Model ini lebih dikenal dengan nama Suzuki TS 125R atau TS Duster untuk pasar Amerika dan TS 125 Code T untuk pasar domestik Jepang. Perbedaannya di stripping grafis dan sepatbor depan, kalo model amriknya udah sepatbor nempel di clamp, klo model jepangnya masih spatbor yang konvensional kaya’ motor laki pd umumnya. TS 125 Model R dan T ini tahun produksinya adalah antara 1970 sd 1971

Ini veri amerika

Versi jepangnya, spakbor depan ala honda CB :mrgreen:

Spec suzuki TS generasi pertama

Overall Length: 2 050 mm (80.7 in)
Overall Width: 770 mm (30.3 in)
Overall Height: 1 100 mm (43.3 in)
Wheelbase: 1,310 mm (51.6 in)
Ground Clearance: 235 mm (9.25 in)
Dry Weight: 105 kg (231 lbs)
Engine type: Air-cooled aluminum 123 cc single cylinder, 2-stroke. 13 hp / 7,000 rpm, 9.8 ft-lbs/ 6,500 rpm.
Bore x Stroke: 56 x 50 mm
Compression Ratio: 6.7 :1
Transmission: 5-speed, chain
Tire Size: 2.75 x 19, 3.25 x 18
Top Speed: 65—70 mph

Model 2 :
Di periode berikutnya, yaitu tahun 1972 sampai dengan 1976, tak banyak perubahan berarti dari varian induknya TS 125 Duster / code T… selain knalpot jg masih di kolong, perubahan minornya terletak pada tampilannya saja dan penambahan fitur seperti adjustable suspension, terjadi peningkatan juga pada kemampuan mesinnya..
lebih runutnya seperti ini :
1. tahun 1971 : TS 125 code R (duster) or Code T
2. tahun 1972 : TS 125 code J
3. tahun 1973 : TS 125 code K
4. tahun 1974 : TS 125 code L
5. tahun 1975 : TS 125 code M
6. tahun 1976 : TS 125 code A
untuk penampakannya cari di mbah gugel aja ye.. mirip2 sama yg di atas koq..
7. tahun 1977 : TS 125 code B / C
Suzuki mulai melakukan perubahan berarti pada seri TS model ini. Dikenal dengan nama varian Code B, perubahan minor mulai diterapkan. Knalpot model udang diaplikasikan, menggusur knalpot model kolong yg sering nyangkut waktu diajak off road, dengan spek mesin sama dengan TS code A. Varian ini bertahan hingga Code C. Perbedaan code A (atas) dengan B dan C adalah stripping nya saja. Varian inilah yg sempet masuk ke Indonesia. TS tahun baheula alias TS 1977. Tapi respons pasar Indonesia atas motor ini tidak terlalu menggembirakan. hanya pernah lihat beberapa kali saja di jakarta dengan kondisi orisinil dan sepertinya sudah lelah sekali setiap hari digunakan oleh pak tua semacam pak pos mungkin :mrgreen:

model 3
Perubahan revolusioner mulai diterapkan di model berikutnya,, seiring dengan pesatnya perkembangan balap motocross dunia, teknologi balap mulai diterapkan oleh Suzuki ke varian ini. Dikenal dengan Kode TS 125ER (TS125 Code Z) berumur produksi dari tahun 1980 sd 1982, bisa dibilang teknologi kaki-kaki yang advance pada zamannya, sistem monoshock dengan linkage unitrak, desain katup buluh (reed valve) yang berbeda utk meningkatkan torsi. sebenarnya varian ini punya 6 percepatan. Masuk ke pasar Indonesia mulai tahun 1993 dan terus diproduksi hingga tahun 2005. walaupun modelnya jadul, tapi ketangguhannya diakui oleh off roader Indonesia. Mekanisme mesin yang sederhana, hanya bermodal air-cooled engine, membuatnya sangat tangguh dan reliable utk kontur tanah Indonesia. inilah versi terakhir TS di indonesia, entah kenapa suzuki tidak melanjutkan hegemoni mereka di pasar motor trail jaman itu :( :(

The Evolution of the Legend
New breed of the Legend kalo aku bilang, sementara di Indonesia mentok dengan model ER nya, di Jepang model ER malah hanya bertahan 3 tahun, sebelum rombakan total terjadi, bisa di bilang ini adalah era TS dengan mesin modern. Mesin berpendingin udara mulai ditinggalkan, digantikan dengan mesin pendingin air, perubahan total pada sistem porting silinder, karburator, dan lain – lain menjadikannya hampir dua kali lipat lebih bertenaga dibanding mesin spesifikasi Sebelumnya. Diberi nama oleh pabrikan Suzuki dengan nama Suzuki TS 125X, model pertama yg keluar di tahun 1984. Lebih ringan, lebih modern dan lebih reliable. Walaupun tetap mengusung mesin 125cc, tapi tenaga yg dikeluarkan mencapai 22 hp @9500 rpm.. bandingkan dengan generasi ER yang hanya 13 hp. Model pertama ini mengusung body yang udah cukup modern, tapi masih menggunakan rem depan teromol.

Sayang sekali era  suzuki TS bermesin modern dan berpendingin cairan ini tidak pernah masuk ke indonesia :( padahal saat itu era 2 tak masih jaya

Lalu empat tahun kemudian tepatnya di 1988 versi facelift dengan rem cakram dikeluarkan

Lalu dua tahun lagi penyempurnaan kembali dilakukan , dengan pembaruan body dan cakram belakang

finally, di tahun 2000 suzuki TS harus lengser dari line produksi pabrik karena isu lingkungan :( versi terakhir suzuki TS dinamanya suzuki TSR, tidak ada perubahan dari generasi sebelumnya, hanya penambahan suspensi upside down pada kaki depannya

About these ads

41 responses to this post.

  1. Motor trail legendaris
    ngomong2 kok ga ada ide buat museum motor klasik di Indonesia, biar motor2 legendaris tetap bisa dilihat orang sepanjang masa :D

    Reply

  2. yang terakhir bagus

    Reply

  3. mantab ulasannya..TS emang legend di segmen trail lokal..saat ini lom ada yg menggantikan kesuksesannya..KLX misih jauhh tuh :D

    http://asmarantaka.wordpress.com/2012/01/09/disaat-kebo-pakai-toa-stick-nidji-dan-sirbo-apa-karena-jalannya-lemot-yak/

    Reply

  4. sekarang pada kemana ya, motor-motor itu? di tempat saia, palingan ada TS125 buatan tahun 200an….yang lawas-lawas ??

    Reply

  5. wah motor legendaris nih kang.. ada di pilmnya rhoma irama juga.. sipp

    Reply

  6. Mantab Koh,, pernah ngiler juga sama TS saat sekolah dulu..

    PISS..

    Reply

  7. sebenarnya di beberapa dealer ada yang dah pake rem cakram depan koq

    liat di madiun*

    Reply

  8. wah wah wah….TSku mau dilepas padahal :mrgreen:

    Reply

  9. tari jabrikk
    behh
    hihihi….

    Reply

  10. Posted by dgx on October 31, 2012 at 9:04 am

    widihhh sadiss,,,ohya klw yg setipe dgn suzuki TS tapi dari kawasaki Trail th’82 ada ulasannya gak?blm tw spesifikasinya nih….

    Reply

  11. Posted by hery-s on December 12, 2012 at 8:51 am

    ganteng motornya…

    Reply

  12. Posted by dwi on January 20, 2013 at 11:32 am

    apik2 trailnya bikin ngiler….

    Reply

  13. Reblogged this on wildan220688.

    Reply

  14. saya masih menggunakan TS 125 sampai sekarang untuk aktivitas karena menginggat ketangguhan mesinnya

    Reply

  15. Posted by Descory on May 21, 2013 at 4:06 am

    Sejak th 2005 sampai skrg saya slalu pakai TS. Pernah beralih ke trail 4 Tax tapi cuma bertahan 3 bulan, dan akhirnya kembali ke TS lagi. Ini TS saya yg ke-4 kalinya.
    Tadinya setahu saya (dan juga kebanyakan orang) TS terakhir diproduksi th 2005, tapi kenyatannya TS saya skrg ini tahun pembuatan 2006, baik di STNK maupun BPKB tertulis, Tahun Pembuatan : 2006.
    Biasanya kalo pemakaian 2006 (terbit BPKB 2006) tapi produksi 2005, biasanya tetap tertulis di BPKB dan STNK Tahun Pembuatan : 2005.
    Tapi ini tertulis Tahun Pembuatan : 2006.

    Apapun itu, TS ini adalah yg terbaik, terlengkap dan ter-original yg saya punya.
    sangking senangnya mendapat barang dari tangan pertama dalam keadaan terawat, saya tutup mata saja saat meminangnya dg rupiah 23 juta.
    InsyaAlloh akan saya warisi ke anak saya kelak. amin.

    Reply

  16. Posted by sumartono on June 26, 2013 at 12:44 am

    sparepart TRS…sama ngga sama TS125 yg ada di indo?

    Reply

  17. Posted by sumartono on June 26, 2013 at 12:48 am

    rencana sy mo beli TXR dari temen di Filipina…

    Reply

  18. Posted by sumartono on June 26, 2013 at 12:49 am

    maksudnya TSR125….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 165 other followers

%d bloggers like this: