Rantai putus di tengah jalan

di motogp lemans beberapa tahun lalu, john hopkins pernah putus rantainya di tengah balapan, yah kejadiannya mirip sama saya, tapi bedanya saya di jalanan😦

lagi asik asik riding mau ke kampus tiba tiba dikejutkan dengan suara berisik dari rantai, lalu gak berapa lama tiba tiba motor kehilangan tenaga disertai bunyi yang bikin hati miris😀😀. lalu segera saya mencoba berhenti dan pelan pelan ke pinggir , lalu setelah dicek saya  kaget karena rantai motornya hilang:mrgreen: rantai  putus padahal belum lama baru saya setel rantainya….dan sepertinya belum terlalu kendor, kondisi gear pun sepertinya masih oke…tapi kenapa tiba tiba putus ya ?😳.

tapi puji Tuhan rantainya tidak sampai mengunci ban belakang, karena kalau sampai terkunci bisa dipastikan saya bakal mencium aspal di tengah hari bolong :mrgreen:…. saya cari cari dimana rantainya, ternyata ada beberapa meter di belakang…hmm untung gak kena mobil atau sampai melukai biker lain…mau saya ambil dan buang tapi sepertinya kondisi jalanan yang padat tidak memungkinkan…akhirnya saya dorong dan cari bengkel terdekat, sekalian saja ganti gear set…kena 135 ribu ori AHM :mrgreen:…

sepertinya pelajaran untuk saya agar tidak mengganti rantai dengan merek yang tidak jelas, seingat saya rantai ini baru saya pakai 4-5 bulan…waktu itu saya mau setel rantai tapi setelannya sudah maksimal, jadi terpaksa saya hanya ganti rantainya saja dengan merek rantai yang  tidak jelas, asal bisa jalan😆 karena saat itu di jalan lagi gak bawa uang banyak :mrgreen:

untung blom sampai begini:mrgreen:

11 responses to this post.

  1. aku ngalamin pas STM 2x malah, udah gitu yang pertama motor pinjem lg..

    Reply

  2. oe beloen pernah seh, tapi kemarin rante gotjlak2 ngeri joega..pas dicheck ternjata karet sproketnya oedah aoes pdhl baru 3bln ganti pas ganti pelk resink.. akhirnja pas oedah diganti jadi enak lagi..😆 kyknya pengaroeh pake ban lebar nasip..oentoenk skrg oedah pake ban kecilan😳

    Reply

  3. ane juga pernah pas naik C70 kebangga ane, sebenernya kasus seperti ini gak terjadi secara langsung tapi karena udah masanya [ untuk kasus motor harian], entah gear nya ang udah aus, rante udah molor, atau pemasangan ban kurang pas. kalu motor buat tarikan sish kurang tau😀

    Reply

  4. alhamdulillah, baru sekali ngalamin waktu pacaran,, dan penyebab kasus nya sama plek dengan sampeyan,Boz..
    *nunggu gigi tarik habis ganti rantai murahan..xixixiiixiixiii… Akhirnyaaa..???!!!

    PISS..

    Reply

  5. ane baru rantai lepas gan..moga2 ngk kejadian ah:mrgreen:

    Reply

  6. Kalo saya bukan lepas, tapi nyangkut ke pelindung rantai, alhasil motor ngepot. Waktu itu pake supra fit lansiran 2005

    Reply

  7. Posted by aziz on March 8, 2011 at 2:35 am

    gw udah 2 kali ngalamin putus sambungan, satu kali nyangkut di gear krn rantenya lepas…kaya naek speda aja rante lepas…:(

    Alhamdulillah tdk sampe membahayakan, krn utk kasus rante putus, gw spt ada firasat utk mengurangi laju, alhasil begitu nurunin gigi langsung tesss..putus deh, ga sampe nyangkut di roda, atau melukai kaki atau merusak mesin, krn lg jalan pelan…biasanya kalo mau putus diawali dgn bunyi tektektektek…sejauh ini, kejadiannya selalu deket bengkel, jadi ga cape dorong2…Subhanallah…

    pelajarannya sama ama kisah diatas, jgn ganti rante merk ga jelas apalagi seken…atau misal rantenya doang…lebih baik ganti satu set, biar mahal, tp lebih awet dan bisa meminimal resiko2 macam tadi.

    Reply

  8. Posted by Dismas on June 2, 2011 at 9:13 am

    Itu biasanya justru karena terlalu kenceng bro setelannya…😀

    Atau mungkin kendor kenceng kendor kenceng gitu😀

    Reply

  9. asyik donk,,,

    Reply

  10. Pernah dulu saya alami waktu masih pakai grand. Penyebabnya yaitu rantai abal abal kualitas rendahan🙂

    Reply

Leave a Reply

