Obsessive compulsive disorder pada biker

sekali kali share informasi yang agak berat ah….kebetulan karena saya mahasiswa psikologi jadi gak ada salahnyakaan kan ikut berbagi ilmu tentang dunia kejiwaan ini dan dihubungkan dengan dunia roda dua atau masyarakat pada umumnya:mrgreen:

Obsessive Compulsive Disorder (OCD) merupakan salah satu bentuk dari anxiety atau kecemasan yang berlebihan yang ditandai dengan adanya pemikiran tidak terkontrol dan menetap(obsessive). juga desakan untuk melakukan hal yang sama lagi dan lagi (compulsive)
Perilaku kompulsif ini bertujuan untuk mengatasi ketakutan dalam dirinya yang mana seringkali ketakutan tersebut tidak wajar atau irrational

ketakutan ketakutan ini kemungkinan besar didapat karena pernah mengalami atau melihat suatu kejadian yang traumatik bagi individu tersebut,entah di masa bayi,masa kecil,remaja atau dewasa sekalipun

ketika seseorang tidak dapat menghilangkan suatu pikiran dalam dirinya dan merasa sangat terganggu dengan hal tersebut tapi tidak dapat mengatasi atau menghilangkannya, kemungkinan besar  menderita OCD dan harus berkunjung ke psikolog atau psikiater terdekat😆

kasus umum tentang OCD adalah seseorang yang takut sekali terkontaminasi kuman sehingga dia harus cuci tangan setiap saat dengan sabun sekali pakai,menggunakan sendok dan garpu hanya 1 kali,tidak pernah pakai pakaian yang sama,menolak disentuh atau bersentuhan dengan orang lain. contohnya bisa dilihat pada film “as good as its gets” yang dibintangi oleh jack nicholson:mrgreen:

lalu apa hubungannya dengan biker ? nah biker yang terlalu terobsesi atau terlalu menyayangi motornya bisa juga mengalaminya…mencuci motor tiap hari, pasang gembok 10 biji biar gak ilang….

contohnya: seseorang sebut saja “bunga”😆 memiliki ketakutan bahwa motornya akan hilang,sehingga setiap 2 jam dia akan turun dari kantornya di lantai 12 untuk melihat apakah motornya masih ada atau tidak. ketakutan ini tidak wajar karena motornya sudah dikunci dengan gembok,rantai,dan diparkir di lokasi yang ada satpamnya. tapi dia tetap tidak dapat menghilangkan ketakutannya dan harus turun melihatnya sendiri agar dapat menghilangkan ketakutannya itu, ini yang disebut irrasional :mrgreen:  nah penyebabnya kemungkinan si “bunga” ini pernah mengalami kejadian yang membuatnya trauma kehilangan motor. mungkin motornya pernah hilang sebelumnya atau melihat seseorang mencuri motor.

dikutib dari : abnormal psychology, 10th edition. kring,davidson,et all

16 responses to this post.

  1. Pertamax…

    Reply

  2. belajar psikologi, kadang aku takut anaku kesremped motor, mainya di jalanan mulu soalnya, maka t6a terikan “de masuk, Ga boleh main di Jalan!” kik..kik..🙂

    Reply

  3. Posted by ayah on March 3, 2011 at 1:56 pm

    aku pernh mangalami rsa takut naik motor,wktu msih smp aku pernah blajar mtor pake motor teman,mungkin lagi apes,aku terjatuh dan motor tman ku rusak sejak itu aku trauma naik motor,tapi stalah menikah dn bkerja trauma itu hilang malah aku trmasuk yang suka ngebut bila naik motor.

    Reply

  4. waw mahasiswa banget… kuliah dimana?

    Reply

  5. oi ko, kapan hari aku jatuh dari motor terus patah tulang sampai sekarang. apa kalau sembuh bisa trauma naik motor lagi??

    Reply

    • tergantung bagaimana anda menyikapi kejadian tersebut….trauma pasti ada, tapi kalau anda bisa menerima dan mengambil hikmah dari kejadian tersebut biasanya 1-2 minggu sudah bisa naik motor lagi..

      Reply

  6. ketakutan yang amat sangat kalau melihat kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang bersangkutan berdarah2…hiiii!!!

    Reply

  7. Hmm,kebetulan saya sedang meneliti aspek safety di jalan tol.
    Psikologis dalam hal ini masuk ke dalam Faktor Pengemudi, memang ada kaitan antara psikologis dengan “action” dari si Pengemudi.

    Soal gembok, sepertinya saya juga termasuk OCD Bro, saya gak peduli kata teman saya kalo saya lebay, pokonya saya tidak akan pernah meninggalkan motor tanpa gembok 2..Hehe

    Saya melihat OCD sebagai komitmen yang berlebihan di sini. Salam Kenal..thc for share🙂

    Reply

  8. wah calon psikiater nih😳
    owe juga pernah trauma browh..😥

    Reply

  9. Terimakasih sudah berbagi pengetahuan

    Reply

Leave a Reply

