Suka menunda-nunda ? mungkin anda menderita procrastination

istilahnya susah amat ya padahal definisinya sederhana:mrgreen:

ya, procrastination adalah istilah gangguan Psikologis yang digunakan untuk orang orang yang suka menunda-nunda pekerjaan atau hal yang harus dilakukan hingga menit-menit terakhir meskipun hal yang harus dikerjakan bersifat high priority 😛 dan procrastination digolongkan sebagai gangguan perilaku

orang orang dengan gangguan procrastination biasanya tidak produktif, rentan terhadap stress, dipenuhi rasa bersalah karena gagal menyelesaikan tugas yang diberikan, dan dijauhi oleh lingkungan sosial dan pekerjaan karena dianggap tidak kooperatif

procrastination bisa disebabkan beberapa hal, umumnya adalah karena rasa cemas, takut dan bingung. juga bisa karena tidak sanggup menganalisa, merencanakan,memprioritaskan, kurang bisa mengontrol diri sendiri , tidak percaya akan kemampuan diri sendiri, menghindar dari tanggung jawab dan juga depresi

procrastination cenderung berkembang ke arah malingering *akan dibahas lebih lanjut di lain kesemptan :)* dan akan mengganggu fungsi fungsi sosial ke arah yang lebih parah, seperti avoidant personality disorder,somatoform disorder dan lain lain.

jadi, jika anda selalu menunda nunda hal kecil seperti mengisi bensin,ganti oli ,ganti busi,service motor, hati hati karena anda sebenarnya sedang melakukan procrastinating:mrgreen:

sebenarnya saya juga sering kok menunda nunda pekerjaan tapi untungnya tidak sampai tahap yang parah seperti ini:mrgreen:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dikutip dan disadur dari berbagai sumber

13 responses to this post.

  1. Wah pelajaran psikologi lagi nih🙂

    Reply

  2. ikut menyimak aja ahhhh😀

    Reply

  3. Posted by dhuwur on March 17, 2011 at 8:37 am

    aku termasuk kayaknya,, tapi aku bukan MAHO,,kalo bawahku maho :p

    Reply

  4. Posted by Komengtator on March 17, 2011 at 9:38 am

    Setelah ane baca… trus ane pikir2… ane bukan maho… Eh.. maksud ane, ane termasuk penderita procrastination…. suka menunda-nunda pekerjaan, yang anehnya ane sadar itu gak baik, tapi kenapa selalu berulang-ulang ane lakuin… Btw adakah treatment khusus buat penyembuhannya???

    Reply

    • tergantung tingkat keparahannya om…kalau sudah sampai mengganggu fungsi sosial, atau bahkan anda sendiri sudah merasa sangat terganggu, itu lah saat anda harus datang konsultasi:mrgreen:

      untuk saran yang bersifat umum :

      ubah pola pikir anda, pikirkan apa dampak negatif jika anda tidak mengerjakan tugas itu sesegera mungkin dan malah menundanya. tentukan proritas dan bikin deadline yang lebih awal 2-3 hari dari deadline ssungguhya🙂

      Reply

  5. psikologis… sip. lanjutkan jangan di tunda🙂

    Reply

  6. Posted by Dismas on March 17, 2011 at 12:49 pm

    Wadu, jangan – jangan saya termasuk tu… Moga belum parah aja😆

    Reply

  7. dicurigai, ane jga sering nunda2… Wah perlu drubh nich… Smangat!
    Tp ntar aj ah…

    Reply

  8. Posted by zakaria on March 26, 2011 at 3:15 pm

    pasti saya slah satunya
    tpi alhmdulla untuk pekerjaan cukup jarang ditunda
    cos waktu adalah surga(pengen surga dnia ya kerja dengan baik,pengen surga akhirat jalanin printah agama masing”)
    tapi saya ska mnunda kalau beribdah walaupun alhmdlla masih saya jlanan dengan baik

    Reply

  9. kayaknya kebanyakan orang Indonesia seperti ini deh…..kalau benar, berarti perlu ada perubahan ekstrim saat masih anak2, supaya bangsa ini secara umum bisa maju. Perubahan dimulai dari diri sendiri, tapi buat sekarang yaelahhh….selow aje kaleeee…. xixixi….(pinjam tulisan diatas)

    Reply

  10. saya jelas salah satu procrastinator parah bener:mrgreen:

    belajar UAS hari dimana UASnya diadakan, wakakkaka😆

    Reply

  11. Nggak ngikut yg kayak gitu. Malah pengennya semua kerjaan cepet beres🙂

    Reply

Leave a Reply

