If you crash on your bike it doesn’t mean you’re not riding tomorrow

 

sebaris kalimat bijak dari om travis pastrana, jagoannya freestyle motorcross itu sangat menginspirasi saya. mengatasi rasa takut,trauma setelah kecelakaan adalah hal yang sulit. but life must go on bro, kita tidak bisa hidup dari bayang-bayang masa lalu.

sebagai biker, mungkin diantara kita ada yang pernah mengalami kecelakaan yang cukup parah atau terbilang sangat parah hingga membuat kita membutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum dapat kembali memegang setang dan memutar grip gas, rasa trauma itu wajar dan manusiawi dan butuh keberanian untuk melawannya

dalam dunia psikologi, trauma pasca kecelakaan digolongkan ke Post Traumatic Stress Disorder atau PTSD . Yaitu gangguan stres yang terjadi karena mengalami/melihat  dperistiwa traumatis luar biasa. Misalnya, melihat orang dibunuh, disiksa, korban kecelakaan, bencana alam, dilindas tronton, terlempar dari fly over dll:mrgreen:

ada tiga macam gejala PTSD secara umum :

Reexperiencing : Penderita seakan-akan mengalami kembali kejadian traumatis yang pernah dialami. Biasanya kondisi ini akan muncul ketika penderita sedang melamun atau melihat suasana yang mirip dengan pengalaman traumatisnya sehingga tiba tiba saja kejadian tersebut terulang kembali di pikirannya,  Penderita dapat berperilaku aneh seperti  tiba-tiba berteriak, menangis, atau berlari ketakutan.

Fenomena lain juga dapat muncul seperti penderita menjadi takut dan sulit  untuk tidur, karena begitu ia tidur peristiwa traumatis tersebut bisa muncul kembali.

Kedua, Hyperarousal. Suatu keadaan waspada berlebihan, seperti mudah kaget, tegang, curiga menghadapi gejala sesuatu, benda yang jatuh dia anggap seperti jatuhnya sebuah bom, dan tidur sering terbangun-bangun.

Ketiga, Avoidance. Seseorang akan selalu menghindari situasi yang mengingatkan ia pada kejadian traumatis. inilah yang umumnya diderita oleh biker, yaitu takut untuk kembali ke atas motor:mrgreen: saya jadi penasaran terapi seperti apa yang diberikan ke pembalap moto gp yang mengalami kecelakaan parah di lintasan😆

Jika PSTD tidak ditangani dengan benar, maka kemungkinan besar dapat mempengaruhi kepribadian seseorang,Seperti paranoid, mudah tersinggung,minder,rendah diri dan lain lain

jarang sekali penderita PTSD dengan kesadaranya datang ke para ahli. biasanya mereka  baru datang ketika gejalanya sudah tahap kronis:mrgreen:

 

8 responses to this post.

  1. lanjut psikologi

    Reply

  2. Posted by lekdjie on March 28, 2011 at 10:21 pm

    ngeri um

    Reply

  3. gitu ya….yo wis lanjut pembahasannya

    Reply

  4. trauma minimal 3hari, tu yang saya rasakan

    Reply

  5. sampai sekarang kaki saya masih ada pen platinanya… tapi kagak kapok naik motor….

    Reply

  6. Good post🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: