Motor 1 silinder dimodif jadi 2 silinder ? Bisa !

Sekali lagi bukti bahwa modifikator indonesia memang sangat jahil alias kreatif  :mrgreen:

Ide Suyono memang gila. Tidak hanya main bore up atau stroke up. Tapi, membuat Yamaha Nouvo yang asalnya hanya 1 silinder dibuat 2 silinder. Kapasitas mesin juga dibuat 300 cc. Wah!

Membuat mesin yang asalnya 1 silinder jadi 2 silinder tidak mau ambil cara mudah. Tidak cukup kalau hanya menggunakan sepasang blok dan head Nouvo. Tapi, harus benar-benar baru.

Itu yang membuat Bahrudin alias Pesek, mekanik Bodisa Motor (BM) berpikir ke belakang. Mengingat masa dulu ketika dia muda dan hebatnya Honda CB200 di zaman itu.

“Makanya memanfaatkan blok dan kepala silinder Honda CB200 yang memang 2 silinder itu,” jelas Pesek dari Jl. Ciputat Raya, No. 22, Tangerang Selatan.

Berburu blok dan head CB200 dipastikan susah. Kebetulan ada yang jual mesin satu gelondong dan dihargai Rp 2,5 juta. Meski yang dimanfaatkan blok dan head beserta isinya tidak masalah. Apalagi Pesek dibiayai oleh Suyono yang bos bengkel bubut Buaran itu.

Namun untuk pasang blok dan head CB200, tetap harus diakali. Apa saja yang kudu diperbuat, yuk lihat aksi Pesek dan Suyono bersama karyawan.

ADAPTOR CRANKCASE-BLOK
Untuk pasang blok di crankcase Nuovo kudu dibuatkan adaptor. “Tebal adaptor 15 mm,” jelas Om Yono, panggilan Suyono yang buka bengkel bubut di Kampung Buaran, Tangerang Selatan itu.

Bengkel bubut ini cukup terkenal di kalangan balap liar (bali). Banyak yang main bore up dan stroke up. Makanya untuk membuat Nouvo 2 silinder sih sangat mudah dan hanya butuh waktu 2 bulan. Termasuk berburu komponen dan dikerjakan setelah bengkel tutup.

Adaptor dipasang pada crankcase diikat 4 baut bekas blok. Tinggal pasang buat panjang untuk blok CB200 yang berjumlah 8 itu. Baut-baut itu dipasang di adaptor yang tebalnya 15 mm .

Sengaja pilih adaptor setebal itu. Supaya kuat dipasangi baut blok. Juga agar kuat diikatkan di crankcase Nouvo.

JALUR OLI

Jalur oli sangat penting untuk melumasi komponen mesin. Memanfaatkan jalur oli dari punya Nouvo yang berada di crankcase kanan. Aliran oli diteruskan melalui adaptor blok. Dibuat dengan cara melubangi adaptor diteruskan menuju baut blok tengah-bawah. “Mengikuti jalur oli seperti Honda CB200,” ujar Pesek yang sahabat karib Toddy Andries yang langganan jadi pimpinan lomba di balap motor.

Di dalam adaptor, jalur oli dibuat berputar. “Sekaligus untuk didinginkan,” jelas Om Toddy yang berencana mau pinjam Nouvo ini untuk dipakai harian itu.

DUA KRUK AS NOUVO

Untuk menggerakkan 2 piston atau seher di blok silinder, tidak memanfaatkan kruk as CB200. Tapi, menggunakan 2 kruk as Nouvo yang digabung jadi satu.

Cara meggabungkan kruk as ada tekniknya. Kruk as kiri lengan kanannya yang menuju magnet dipotong. Disambung dengan magnet kanan yang lengan kirinya menuju CVT dipotong juga.

Teknik sambung kruk as menggunakan sistem sock. Salah satu lengan kruk as dilubangi. Kemudian dimasuki lengan kruk as sebelahnya. Baru deh kemudian disambung dengan las dan dibubut ulang.

KAPASITAS 300 CC

Kalau asalnya kapasitas silinder CB200 hanya 200 cc, kini dibuat 300 cc. Caranya menggunakan seher GL-Pro Neo Tech yang berdiameter 56 mm.

Digabung dengan stroke standar di kruk as Nouvo yang 57,9 mm. Maka kapasitas silinder jadi 142,5 cc. Karena 2 silinder dikalikan dua. “Jadinya 285 cc, digenapkan jadi 300 cc,” cemat Pesek.

ADAPTOR TENGAH CRANKCASE

Ada masalah ketika pasang blok dan head CB200 di crankcase Nouvo. Tidak bisa langsung klop. Untuk itu mesin Nouvo harus dibelah. Antara crankcase kiri dan kanan dipisahkan. Di bagian tengah crankcase kiri dan kanan dibuatkan adaptor. Agar lebar crankcase sama dengan lebar blok CB200.

Bengkel bubut ini cukup terkenal di kalangan balap liar (bali). Banyak yang main bore up dan stroke up. Makanya untuk membuat Nouvo 2 silinder sih sangat mudah dan hanya butuh waktu 2 bulan. Termasuk berburu komponen dan dikerjakan setelah bengkel tutup.

Adaptor dipasang pada crankcase diikat 4 baut bekas blok. Tinggal pasang buat panjang untuk blok CB200 yang berjumlah 8 itu. Baut-baut itu dipasang di adaptor yang tebalnya 15 mm .

Sengaja pilih adaptor setebal itu. Supaya kuat dipasangi baut blok. Juga agar kuat diikatkan di crankcase Nouvo.

JALUR OLI

Jalur oli sangat penting untuk melumasi komponen mesin. Memanfaatkan jalur oli dari punya Nouvo yang berada di crankcase kanan. Aliran oli diteruskan melalui adaptor blok. Dibuat dengan cara melubangi adaptor diteruskan menuju baut blok tengah-bawah. “Mengikuti jalur oli seperti Honda CB200,” ujar Pesek yang sahabat karib Toddy Andries yang langganan jadi pimpinan lomba di balap motor.

Di dalam adaptor, jalur oli dibuat berputar. “Sekaligus untuk didinginkan,” jelas Om Toddy yang berencana mau pinjam Nouvo ini untuk dipakai harian itu.

DUA KRUK AS NOUVO

Untuk menggerakkan 2 piston atau seher di blok silinder, tidak memanfaatkan kruk as CB200. Tapi, menggunakan 2 kruk as Nouvo yang digabung jadi satu.

Cara meggabungkan kruk as ada tekniknya. Kruk as kiri lengan kanannya yang menuju magnet dipotong. Disambung dengan magnet kanan yang lengan kirinya menuju CVT dipotong juga.

Teknik sambung kruk as menggunakan sistem sock. Salah satu lengan kruk as dilubangi. Kemudian dimasuki lengan kruk as sebelahnya. Baru deh kemudian disambung dengan las dan dibubut ulang.

KAPASITAS 300 CC

Kalau asalnya kapasitas silinder CB200 hanya 200 cc, kini dibuat 300 cc. Caranya menggunakan seher GL-Pro Neo Tech yang berdiameter 56 mm.

Digabung dengan stroke standar di kruk as Nouvo yang 57,9 mm. Maka kapasitas silinder jadi 142,5 cc. Karena 2 silinder dikalikan dua. “Jadinya 285 cc, digenapkan jadi 300 cc,” cemat Pesek.

ADAPTOR TENGAH CRANKCASE

Ada masalah ketika pasang blok dan head CB200 di crankcase Nouvo. Tidak bisa langsung klop. Untuk itu mesin Nouvo harus dibelah. Antara crankcase kiri dan kanan dipisahkan. Di bagian tengah crankcase kiri dan kanan dibuatkan adaptor. Agar lebar crankcase sama dengan lebar blok CB200.

sumber dari  sini

46 responses to this post.

  1. Mantep euy…

    Reply

  2. wah2 sptnya mau bikin motor nupo terkenceng sejagad raya nih😆

    Reply

  3. pesen yang pake mesinnya Vixion pasti ajib tuh,, dua silinder. double injektor,, yg punya Ninja 250R pasti iri:mrgreen:

    http://warungbaksosabar.wordpress.com/2011/04/26/stang-byson-plus-footstep-nui-rekomen-buat-v-ixion/

    Reply

  4. Posted by TDF on April 27, 2011 at 7:31 am

    nah tinggal daya tahannya dipertanyakan:mrgreen:

    Reply

  5. ektrim…

    Reply

  6. Keren..

    Reply

  7. hemm…matic dbkin 2 silinder…

    Reply

  8. keren😀
    Yamahandfriends mengadakan blog awards. info selengkapnya klik aja di http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=858
    semoga berhasil friends

    Reply

  9. Posted by si oom on April 28, 2011 at 5:53 am

    woa, makin gemblung🙂

    titip dagangan oom, supra 200cc :p
    http://varioputiih.wordpress.com/2011/02/23/supra-sport/

    Reply

  10. engine swap bro ya???
    wah kalo kena pulisi gmna tuch???

    Reply

  11. semprul tuhh 😯

    kalau ada block CB twin lagi aku mau! 😀

    Reply

  12. top speednya jd nyampai berapa itu.. ???

    Reply

  13. Posted by tyo on May 6, 2011 at 4:23 pm

    cadassssssssssss…..

    Reply

  14. Posted by adiiii on June 22, 2011 at 3:21 pm

    ane cari mesin ninja 250, ada yang mau jua?
    hubungi 08562550314

    Reply

  15. Posted by herry on August 19, 2011 at 11:44 am

    Mantab… jadi pengen deh.
    gimana ya klo bikin yg kya bgitu buat GL Max Neotech 1996…?!?!?!

    Reply

  16. Posted by gede budi on December 8, 2011 at 12:16 pm

    biaya tuk modif brapa gan

    Reply

  17. Posted by dika on March 17, 2012 at 2:03 pm

    hmmmmz pengen tiru di nouvoq……..??? hehe

    Reply

  18. Posted by Heber on March 20, 2012 at 3:50 pm

    Gan.. Mesin Megapro Atau Tiger, Bisa di buat jadi 2 silinder ga…?
    kalo bisa, mohon pencerahannya lah ke email saya
    shorthand.3@gmail.com

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak

    Reply

  19. Posted by dinot deviillmungill on May 10, 2012 at 6:05 am

    ajiiiiiibb yyakk tuhh mesin yg udda d bore up smpe 300cc
    ck .. ngilerr pngen pny mtr msin segde itu cc nya😛

    Reply

  20. Posted by jaen on October 16, 2012 at 3:29 pm

    honda tiger donk gan?? gimana resepx??

    Reply

  21. Posted by hapi on January 5, 2013 at 10:44 am

    om itu poros engkolnya pake laker berapa 2 apa 3, kalo 3 cara masang laker poros engkol y yg tengah gimana

    Reply

  22. Posted by olan on March 20, 2013 at 3:55 am

    om mau nanya donk, kalo Vega R 110 cc bisa dibikin 2 silinder? thanks bro..

    Reply

  23. Posted by coulehudyeen on April 17, 2013 at 10:48 am

    klo bubut kan pasti ada pemuwaian, ap di situ ga ad masalah.??

    saya ada masalah ketika mau bubut transmisi mobil, kata.y pemuwain.y terlalu tinggi.
    Pas ngegarap mobil nissal bil up metik jadi manual.

    Reply

  24. di tes ketemu brpa timer nya????

    Reply

  25. gan gimana klo sehermny di gedein lagi jadi 6.9 pasti jadi gede tenaga nya gan tapi untuk pengapian nya gimana gan apa cdi nya perlu d ganti ama brt

    Reply

  26. gan gimana klo seher ny di gedein lagi jadi 6.9 pasti jadi gede tenaga nya gan tapi untuk pengapian nya gimana gan apa cdi nya perlu d ganti ama brt klo engine assy nya gmna mentok gak ama rangka nya apa perlu ngubah lagi rangkanya

    Reply

  27. Gan, byson dibuat jadi 2 silinder bisa ga? Biar suaranya kayak ninja250.bisa gan?

    Reply

  28. sangar juga bos

    Reply

  29. Posted by MMS Sport on May 16, 2014 at 6:44 am

    Gan aq punya rd 350 yang mau aq tanya berapa biayanya kalau rombak jadi 4t blok sama deksel dari aq berapa kira kira bos

    Reply

  30. Buat vega r ane jadii 2cilinder bisa gak ..gan and brapee .

    Reply

  31. Posted by alil on November 13, 2014 at 7:04 am

    SON OF THE GAY !!!

    Reply

  32. Posted by alil on November 13, 2014 at 7:06 am

    boleh lah, kapan2 z250sl saya bang buatin 2 silinder nya..haha AWESOME !!!

    Reply

  33. bisa gak z250 di modif jadi satu SILNDER

    Reply

  34. mas saya lagi modif honda phantom saya jadi model trike apakah ada mesin taiger yg 400 cc .klu ada mohon infokan rp…nya mksh

    Reply

  35. Mas bro Contact person donk

    Reply

  36. Posted by Arfah on January 27, 2016 at 3:39 pm

    Wah bagus itu bikin shogun 2 silinder jadi seperti suara rizla susuki

    ngomong2 berapa harga untu bikin motor 2 kepala

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: