Narcissistic Personality Disorder, tidak sesederhana yang kalian pikir

Dalam pergaulan sehari hari kita pasti sering mendengar kata “narsis banget sih lo”,  ” gak usah narsis deh”. ya kan ? kalo ada orang yang iseng foto foto diri sendiri atau minta difoto terus langsung terlintas kata tersebut yaitu “narsis” , sehingga lambat laun orang menyimpulkan bahwa narsis adalah orang yang suka foto foto dan sok kecakepan:mrgreen: . saya hanya mau meluruskan saja pandangan awam tersebut karena hal itu benar benar salah karena definisi narsisme jauh lebih luas dari sekedar banci kamera😆

Sebelum masuk lebih jauh  mari kita lihat sejarahnya, narcism berasal dari nama seorang pemuda yunani tampan bernama narcissus, nah suatu saat si narcissus ini ingin minum dari air sungar di hutan, tapi bukannya minum dia malah terpesona dengan bayangan dia sendiri di sungai. sampai sampai setiap hari waktunya dihabiskan hanya untuk memandangi dirinya sendiri di sungai tersebut. terbayang toh ketampanannya seperti apa😆 lalu suatu hari waktu dia ingin menikmati pesona wajah tampannya itu tanpa sengaja ia terpeleset dan jatuh ke sungai tersebut dan mati tenggelam, dan di tempat dia jatuh tumbuh bunga yang akhirnya dinamakan narcissus😆

oke mulai serius😈

Narcissistic atau yang akrab kita sebut narsis adalah suatu bentuk dari personality disorder yang masuk golongan kluster B, yaitu kepribadian yang dramatic,erratic and emotional.

Ciri ciri utama penderita Narcissistic Personality Disorder ini adalah adanya keyakinan yang salah tentang dirinya, merasa bahwa dirinya sangat hebat, merasa dirinya adalah pribadi yang unik , memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain,  kurangnya empati maupun simpati terhadap orang lain , tidak mampu menerima kritik , sangat ingin jadi pusat perhatian dan biasanya sangat sombong dan arogan😀

Penderita NPD biasanya tidak mampu mempertahankan hubungan sosial maupun pertemanan karena sifat mereka yang sombong dan tidak bisa berempati terhadap orang lain, suka mengambil keuntungan dari orang lain dan berharap orang lain melakukan hal istimewa terhadapnya sementara ia sendiri tidak melakukan apa apa sebagai balasannya:mrgreen:

Penderita NPD hanya ingin mendapatkan pengakuan terhadap apa yang sudah dilakukannya walaupun hal itu terkesan sepele tetapi selalu dilebih lebihkan dan ingin dianggap  sebagai sesuatu yang hebat, lihat lagi diatas, NPD termasuk dalam personality disorder kluster B yang suka mendramatisir sesuatu:mrgreen: sementara dia sendiri tidak pernah memuji orang lain😆

Gangguan ini termasuk dalam AXIS II, yaitu dimulai sejak masa kanak kanak, penyebabnya adalah trauma masa kecil, kurangnya pujian dan reward dari orangtua berpengaruh besar dalam munculnya gangguan ini.

Contohnya : seorang anak bernama John pulang sekolah dengan semangat untuk memperlihatnya gambar yang dibuat di sekolah kepada sang ibu atau ayah, tetapi sang ibu atau ayah tidak memberikan pujian atau penghargaan atas upaya yang dilakukan sang anak, kejadian yang terus berulang seperti ini membuat alam bawah sadar sang anak haus akan pengakuan atas prestasi/achievement,  akhirnya bisa berkembang menjadi NPD atau gangguan lainnya, akan dibahas di lain artikel:mrgreen:

31 responses to this post.

  1. Posted by ranggawasita on May 11, 2011 at 3:02 pm

    jatohnya ke empang yk😦

    Reply

  2. satu : ketuhanan yang maha esa

    Reply

  3. artian yg sesungguhnya lebih sangar :mrgreen:

    Reply

  4. kira-kira Saya masuk kategori ini ga Bro..??😡
    xixixi

    PISS..

    Reply

  5. kok kayaknya sya masuk sebagai penderita NPD ya….meski gak suka foto2 atau pamer, beberapa hal diatasada pada diri inih….

    Reply

  6. weleh…mg aku nggak termasuk qqq…🙂

    Reply

  7. Posted by zaqlutv on May 12, 2011 at 1:05 am

    hmmm berarti orang yang terkena NPD akut saat dewasa bisa menjadi orang yg sangat idealis dan keras kepalanya… eh kepalanya yg keras ato apa yach?😀

    Reply

  8. kasian. ia perlu sekali pertolongan. kliniknya dimana ya

    Reply

  9. ada obatnya ga ya?

    Reply

  10. sep-sep-sep

    Reply

  11. Posted by cyber on May 18, 2011 at 6:46 am

    fby pada katroxxxx
    motor yamaha lemot di banggaain

    Reply

  12. Kalo yang sering upload foto foto sendiri di FB itu termasuk yang NPD nggak ?

    Reply

  13. Posted by NeuroScience07 on March 21, 2014 at 9:03 am

    Maaf Numpang nanya nih, klo misalnya orang itu suka&selalu menyalahkan orang lain, maksudnya menyalahkan orang lain itu menyalahkan orang terdekatnya apakah itu termasuk NPD??? Atau juga orang itu suka mengungkit2 masa lalu orang itu untuk menyakinkan dirinya itu benar, termasuk NPD???

    Reply

  14. Posted by asteria on August 19, 2014 at 3:05 am

    Temanku ada yg sakit NPD. Setahun hidup ama dia (sekantor & sekost) rasanya spt di neraka.

    Reply

  15. Posted by Melly Asmi on September 2, 2014 at 5:12 am

    saya punya npd. ya kadang ngerasa saya songong banget ya hahahaha. temen banyak yang komplain:p

    Reply

  16. Narcissistic Personality Disorder dibagi dua, dan kedua tipe itu hampir bertolak belakang, sisi yang disebutkan dalam blog adalah subtype Fragile, sedangkan subtype Hypervigilant malah tertutup.

    terima kasih banyak atas shared infonya…

    Reply

  17. Posted by Eti kurniayati on September 26, 2016 at 9:21 am

    Kalau misalnya emotional tapi tidak ingin dipuji dan suka juga memuji orang lain bagaimana?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: