Kisruh trisakti, status negeri vs status swasta


waduh….eksekusi trisakti oleh yayasan trisakti yang dimenangkan oleh MA membuat jalanan macet parah, mulai dari Grogol, S parman, terus sampai slipi😈 kampus saya yang persis di sebelah trisakti jadi terkena imbasnya juga, akhirnya terlambat…(padahal emang kesiangan)😆

Denger denger gosip ternyata kisruh dimulai saat pihak rektorat berseteru dengan pihak yayasan. pihak rektorat ingin menjadikan universitas trisakti sebagai universitas negeri, sedangkan pihak yayasan ingin menjadikan trisakti sebagai universitas swasta…oalah pantas mahasiswa trisakti menolak, wong sekarang aja statusnya yang setengah negeri setengah swasta uang kuliahnya lebih mahal dari kampus saya yang 100% swasta😆 apalagi nanti setelah trisakti jadi 100% universitas swasta ya:mrgreen:

lalu ini ada sepenggal maklumat dari pihak  BEM trisakti yang diambil dari sini

Sejak dibuka oleh Pemerintah Republik Indonesia 29 November 1965 hingga sekarang, Universitas Trisakti (Usakti) merupakan Perguruan Tinggi Swasta(PTS) yang tidak memiliki yayasan pendiri.


Akta kelahiran/Akta Pendirian Usakti adalah Surat keputusan Menteri Perguruan Tinggi dna Ilmu Pengetahuan (PTIP) nomor 014/ dar-1965 tanggal 15 November 1965 yang didalamnya terangkum SK Menterin PTIP No.01/ dar-tahun 1965 tanggal 11 Oktober 1965. Instruksi Menteri PTIP No.01/ dar. tanggal 11 Oktober 1965, Instruksi Menteri PTIP No. 07/dar. tahun 1965 tanggal 18 Oktober 1965, SK Menteri PTIP No. 09/dar. tahun 1965 tanggal 4 Nopember 1965, SK Menteri PTIP No. 012/dar. tahun 1965 tanggal 13 Nopember 1965 dan SK Menteri PTIP No. 013/dar. tahun 1965 tanggal 15 Nopember 1965.

Pembukaan Usakti oleh Pemerintah melalui SK Menteri PTIP No. 014/dar-1965 diatas mengesampingkann peraturan umum tentang pendirian PTS yang terdapat dalam Undang-undang No. 22 Tahun 1961 tentang Perguruan Tinggi khususnya Pasal 22, 23, dan 24 yang di dalamnya mengatur tentang mekanisme pendirian PTS sebagai perguruan tinggi yang diselenggarakan masyarakat.

Ditinjau dari ketentuan tersebut dan peraturan perundangan yang datang kemudian mengenai  PTS, Usakti tidak termasuk perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat, meskipun diadministrasikansebagai PTS. Usakti lahir sepenuhnya atas kuasa langsung Pemerintah RI, tidak ada keterlibatan dari yayasan mana pun yang menjadi representasi masyarakat.

Problema Kelembagaan

Pemerintah membentuk Usakti bukan sebagai milik negara seperti perguruan tinggi negeri, menimbulkan persoalan kelembagaan yang bersifat permanen bagi Usakti. Sebagai PTS, menurut peraturan yang berlaku, Usakti dikehendaki memiliki yayasan pendiri. Sedangkan faktanya Usakti tidak didirikan oleh suatu yayasan, sehingga tidak mempunyai Yayasan Pendiri, yang akibatnya juga tidak memiliki Yayasan Penyelenggara/Pengelola sebagaimana umumnya PTS.

Yayasan Trisakti yang didirikan pada tanggal 27 Januari 1966 dalam Anggaran Dasarnya tidak dimaksudkan sebagai penyelenggara Usakti. Yayasan yang didirikan pemerintah ini, dalam perkembangannya olh beberapa oknum malah diubah menjadi Yayasan Swasta yang tidak lagi memiliki keterkaitan dengan Kementerian Pendidikan Nasional RI. Sekiranya masih asli, maka semua pengurus Yayasan ini akan tunduk pada kebijakan Menteri Pendidikan Nasional RI dan tidak menolak jika Usakti dijadikan Universitas Negeri.

Mereka yang mengubah Yayasan Trisakti menjadi swasta harus bertanggung jawab atas tidak berfungsinya Yayasan Trisakti yang dahulu didirikan Pemerintah.

Permohonan Perlindungan Hukum

Yayasan Trisakti yang telah berubah menjadi swasta tersebut oleh beberapa oknum dijadikan sarana untuk menguasai Usakti dengan berbagai cara, termasuk melalui jalur pengadilan. Dapat dibayangkan, pihak-pihak yang tidak mendirikan Usakti, tidak memberikan hartanya untuk lahir dan tumbuh kembangnya Usakti. tidak pula menyumbangkan jerih payahnya bagi Usakti, akankah menguasai Usakti yang dilahirkan oleh Neggara? dari segi manapun ditinjau, rekayasa untuk mnguasai Usakti oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Yayasan Trisakti tidak dapat dibiarkan berlanjut.

Untuk itu, melalui maklumat ini, sebagai korban dari oknum-oknum tersebut, Universitas Trisakti dengan segal kerendahan hati menyampaikan permohonan perlindungan hukum kepada Negara Republik Indonesia yang dahulu melahirkan Usakti.


Alih Kelola PTS

Alih kelola suatu PTS dilaksanakan oleh Yayasan Pendirinya. Tanpa Yayasan Pendiri, suatu PTS tidak dapat dialihkelolakan, karena secara hukum yang berwenang mengalihkelolakan adalah Yayasan Pendiri. Berdasarkan hal ini, pengalihkelolaan Usakti kepada Yayasan Trisakti sekiranya boleh dilaksanakan, harusnya oleh Yayasan Pendiri Usakti. Tetapi karena Usakti tidak mempunyai pendiri, maka pengalihkelolaan kepada Yayasan Trisakti menurut hukum tidak dimungkinkan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Daoed Joesoef pada waktu mengeluarkan SK No. 0281/U/1979 tentang Penyerahan Pembinaan dan Pengelolaan Universitas Trisakti kepada Yayasan Trisakti, Usakti adalah PTS dari dahulu sampai sekarang, bukan PTN yang menjadi milik Pemerintah. Pengalihkelolaan Usakti secara hukum dapat dilaksanakan oleh Pemerintah jika terlebih dahulu Usakti dinegerikan. Setelah menjadi Universitas Negeri, Pemerintah berwenang mengalihkelolakan penyelenggaraan Usakti kepada pihak yang diinginkan. Sepanjang Usakti masih sebagai PTS, secara hukum belum dapat dialihkelolakan.

Selain telah dinyatakan cacat hukum dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat oleh Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Bambang Sudibyo dalam suratnya No. 94/KPN/LK/2008 tanggal 30 Juni 2008, SK Mendikbud No. 0281/U/1979 tersebut juga dinyatakan tidak berlaku oleh Putusan Pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap(Putusan No; 395/PDT.G/2004/PN/JKT.BAR).

Atas dasar berbagai pertimbangan diatas, Putusan Pengadilan yang manapun tidak dapat dijadikan landasan bagi Yayasan Trisakti untuk memperoleh kewenangan kepemilikan dan atau penyelenggaraan atas Usakti.

Penegerian Universitas Trisakti

Secara kelembagaan, Usakti adalah perguruan tinggi otonom, dalam arti tidak dimiliki oleh subjjek hukum lain. Pimpinan Usakti dalam menjalankan tugasnya bertindak untuk dan atas nama Usakti tanpa harus memperoleh persetujuan dari subjek hukum lain di luar Usakti. Meskipun kurang selaras dengan kelembagaan PTS, sifat otonom Usakti ini merupakan bentukan Pemerintah ketika Usakti dilahirkan.

Untuk mengatasi problema kelembagaan tersebut agar sesuai dengan peraturan yang berlaku, seluruh jajaran sivitas akademika Usakti telah bersepakat untuk menyerahkan Usakti kepada pemerintah RI, melalui Menteri Pendidikan Nasional guna dijadikan Universitas Negeri Trisakti.


Dalam rangka Penegerian tersebut, jajaran Pimpinan Senat dan Pimpinan Universitas Trisakti telah mengajukan surat resmi kepada Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Saya pribadi tidak membela pihak manapun, toh saya tidak kuliah disini:mrgreen: tapi saya mengharapkan yang terbaik bagi teman teman mahasiswa trisakti dan tetap damai😛


33 responses to this post.

  1. ra dong aku

    Reply

  2. Posted by TDF on May 19, 2011 at 5:05 am

    ow jadi gitu, ane baru tau kalo itu univ. setengah negeri. moga-moga aksinya damai lah kayak di Unsoed sini:mrgreen:

    Reply

  3. biasa kang… kepentingan berada di atsa segala2nya… n kemungkinan tuh pihak yayasan menggunakan ajaran machivelli… tujuan menghalalkan cara… apapun akan dilakukan untuk mendapatkan apa yg diinginkan… sikattttttt!

    nitip lapak
    http://jheren.wordpress.com/2011/05/18/situbondo-bergerak-lomba-tertib-berlalu-lintas-antar-smasmk/

    Reply

  4. universitas doyan tawur

    Reply

    • gk juga sih om…gak separah mahasiswa di makassar hehehe

      Reply

    • Posted by Runn on May 19, 2011 at 5:50 pm

      Sorry, ga semua mahasiswa trisakti seperti itu, saya sendiri mahasiswi tingkat ahir univ. trisakti, sejak awal kuliah di trisakti saya tidak pernah ikut demo dan lainnya, bukannya pasif, tapi saya kuliah di trisakti punya tujuan 1, yaitu kuliah, belajar, menggali ilmu, lulus tepat waktu, mencari bekal untuk masa depan. jadi, tolong jangan cap semua mahasiswa univ.trisakti sebagai tukang demo atau tauran.

      jujur saja sebagai mahasiswi 3sakti sayapun merasa terganggu dengan masalah eksekusi dsb ini.berangkat ke kampus was-was,ga bs konsentrasi ke tugas ahir,padahal jadwal kuliah aktif sampai sidang sekitar 2 bulan lagi, semoga tidak berlarut-larut dan menghambat kepentingan orang banyak..

      Reply

      • tuh datang penguhinya….salam kenal sis

      • Posted by zaqlutv on May 20, 2011 at 12:37 am

        kalo gak salah nih yach, itu yang sering berantem cuma anak fakultas tehniknya aja deh, anak fakultas lain ngga kok, tapi itu juga gak semua anak tehniknya suka tawuran, mungkin yang masih labil mentalnya aja..
        lulusan trisakti bagus2 kok.. malah juga banyak artisnya juga..🙂 cakep2 cyiiiiinnnn….😀

      • aselain artis juga banyak anak pejabat xixixixi

      • Posted by anh87 on May 20, 2011 at 8:25 am

        Numpang nimbrung.. Anak Trisakti seneng berantem?? Anak teknik??

        Saya anak teknik trisakti skarang udh alumni, Selama sy di sana ga’ ada kyknya yg brantem2an. Aman2 aja. Dan banyak juga kok anak2 trisakti yang fokus sm kuliah dan malah jadi lulusan yang diakui kualitasnya..

        Itu cm pendapat sy aja sih..

      • Posted by zaqlutv on May 20, 2011 at 8:54 am

        @anh87
        sori sangat, itu kata temen aye yang juga anak tehnik alumnus trisakti, doi juga ngga suka berantem, ngga ada gunanya, skrg doi kerja di caltex di kalimantan (skrg chevron yach?) ngga kayak aye masih kuli😳
        kalo anak kampus/sekolah ADA YANG SUKA berantem sih dimana aja sih gan.. IMHO..
        peace no offence

      • Posted by anh87 on May 20, 2011 at 8:57 am

        Hehe.. Betul itu.. Tergantung gmn orgnya aja.. Udah ga’ jaman juga kyknya brantem antar fakultas.. damai2 aja deh..😀

    • Posted by razif on June 19, 2011 at 8:10 am

      ane mahasiswa trisakti..
      pengen ngakak liat comment yang ga ada dasarnya, bilang kampus doyan tawur..situ punya bukti?? jgn asal jemplak boss..
      kalo mau kasih statement harus ada dasarnya, kalo ga ada itu namanya fitnah. ntar kampus ente di fitnah orang, meringis ente. tapi beda soal kalo ente ga ngampus..

      Reply

  5. asal jangan bikin macet yha.. ehehe

    Reply

  6. Posted by noa on May 19, 2011 at 8:21 am

    jaman aku kuliah dlu trisakti dikenal sbg “kampus anak mentri” … krn uang kuliah mahal bgt…

    Reply

  7. Posted by zaqlutv on May 19, 2011 at 9:49 am

    sebelah e trisakti opo yo? lali aku, lek sebrang e kan untar, tuh ketok di gambar sing pertamax..:mrgreen:
    suwe ngga muleh nang kampung halaman dadi lali😳
    salam dari majapahit kingdom..

    Reply

  8. Trisakti, dulu pernah lihat sekilas doank pas lewat aj…

    Reply

  9. untung saya udah lulus lebih dari 10 tahun lalu dari universitas “trisula” ini…

    rektor dan yayasan seharusnya jangan mengikuti kebiasaan anak2 tri yang suka ribut parah menjelang ujian. kalo gak ada penyelesaiannya ya diambil jalan tengah-lah.

    omong2 setau saya (pas jaman 97 dulu), trisakti ini universitas swasta bro.

    Reply

  10. Posted by Haryono on August 14, 2012 at 6:14 am

    Serahkan kepada Ahlinya …
    Kata Bang Foke …
    Serahkan pada Pemerintah saja sebagai penengah masalah ini agar cepat selesai.
    sekian

    Reply

  11. Posted by Tio Perdiansyah on August 14, 2012 at 6:16 am

    Menjadi Kampus Negeri juga OK.
    Paling tidak menambah akses bagi masyarakat di Luar Jabodetabek yang ingin mengenyam Pendidikan lewat jalur UMPTN dan berkompeten nantinya.
    Sehingga tercipta kemerataan pendidikan.

    Reply

  12. Posted by Kartika on July 15, 2013 at 6:44 am

    Mas Bro, sekarang ini gimana perkembangannya, masih belum terselesaikan ya masalah ke kisruhannya ? padahal mau masukin anaku kuliah di sini……jadi bingung deh

    Reply

  13. Asking questions are genuinely good thing if you are not understanding anything totally, except this article provides good understanding yet.

    Reply

  14. Hi there, for all time i used to check website posts here early in the dawn, as
    i like to gain knowledge of more and more.

    Reply

  15. I am now not sure where you are getting your info, however good topic.
    I must spend some time finding out more or understanding more.
    Thanks for fantastic information I used to be in search of this information for my mission.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: