Vario VS mio soul, mana yang layak dibeli ?

Njajal skutik andalan AHM dan YMKI ini ah:mrgreen: kebetulan keduanya milik rekan rekan kantor saya:mrgreen: dan ini adalah pertama kalinya saya mencoba mio soul maupun vario😆 dalam kondisi sama sama standard dan digunakan sebagai kendaraan harian rumah-kantor

Seperti biasa, perbandingan melibatkan Desain,Fitur dan performa Sekali lagi soal kenyamanan maupun konsumsi BBM tidak akan masuk dalam komparasi ini karena mengukur konsumsi BBM itu melibatkan tenaga dan waktu ekstra Dan sebagai sama sama skutik dan memiliki besaran CC yang relatig sama maka  konsumsi BBMnya dipastikan tidak akan jauh berbeda:mrgreen: begitu juga soal kenyamanan, tidak ada tolak ukur dan variabel yang bisa digunakan mengukur kenyamanan karena hal yang sangat relatif itulah soal kenyamanan tidak saya masukkan disini:mrgreen:

lanjut yuk

Desain

Desain Vario versi non CBS ini terlihat gagah dengan desain cenderung meruncing dan headlamp terpisah, footstep untuk boncenger sudah terpisah sayangnya bagian dek terasa sempit ketika dikendarai walaupun kaki saya sebenarnya termasuk pendek :mrgreen:lalu dan speedometer yang berada di dalam bulatan:mrgreen: terasa sempit dan sulit dibaca. saya suka desain setang dengan batok buta vario dibanding mio soul:mrgreen:

sedangkan desain  mio soul lebih cenderung membulat dan headlamp depan single namun besar, desain footstep hampir mirip dengan vario, lalu bagian dek terasa lebih luas dibanding vario, desain speedometer futuristik dan mudah dibaca. lampu belakang juga cenderung membulat seperti desain pada lampu depannya

Lalu siapa yang menurut saya memiliki desain yang lebih baik ? walaupun hal ini relatif bagi setiap orang, saya lebih menyukai desain mio soul yang membulat dibanding vario yang runcing runcing:mrgreen:

Fitur

Urusan fitur sepertinya mio soul harus mengakui keunggulan vario, vario sudah dilengkapi side stand switch,parking brake lock,dan radiator dimana mio soul masih merupakan skutik konvensional tanpa fitur fitur spesial😈

Performa

Untuk urusan performa, mio soul bisa sedikit bangga, setelah saya mencoba keduanya, performa,akselerasi maupun menggapai top speed mio soul lebih baik dibanding vario,  sepertinya perbedaan bobot motor berpengaruh disini, vario memiliki bobot sebesar     99,9 kg alias 1 kuintal sedangkan mio soul hanya 87 kg:mrgreen: mungkin juga sedikit perbedaan kubikasi silinder, vario 108 cc dan mio soul 113 cc:mrgreen:

Lalu siapa pemenangnya ? keduanya menurut saya seimbang alias draw alias remis:mrgreen: hanya masalah selera saja yang menentukan, untuk fitur seperti radiator saya rasa untuk mesin yang berkubikasi 110 cc tidaklah terlalu dibutuhkan, belum pernah saya mendengar motor  110 cc mengalami overheat di jalanan:mrgreen:

39 responses to this post.

  1. vario aja deh.. safety gitu loh.klo mo ngebut pake sport aja mang heheh.
    jangan lupa kenyamanan juga harus disertakan

    Reply

  2. untuk lari dan bermanufer speed Mio soul rada unggul! , namun dari segi handling & comfortable, jangan ditanya, vario jago nya ! anehnya segi kenyamanan ga diulas :mrgreen:

    Reply

  3. pilih vario mas, di Jepara banyak mio yang velgnya rontok

    Reply

  4. pilih sing disenengi wae…
    otomotifplus.wordpress.com/

    Reply

  5. Remis ya?
    Penentu kemenangan adalah kenyamanan dan itu diserahkan sepenuhnya kepada pembaca …. pinter juga nih si akang …. 🙂

    Reply

  6. walah kayak main catur ajah…remis….vote for vario…kecuali sampeyan bandingin ama si keong…………rada imbang!!

    Reply

  7. Kalo untuk selap-selip dikemacetan rekomended mana?😀

    Reply

  8. Skak mat….

    Salam robot ompong..

    Reply

  9. Posted by jokotingkir on July 16, 2011 at 6:02 am

    kalo tarikan enakan vario
    tapi fun to ride pilih mio soul

    Reply

  10. Posted by claireen on July 16, 2011 at 6:10 pm

    dua dua nya its OK
    yg suka Honda monggo beli vario
    yg suka yamaha monggo beli soul

    Reply

  11. aku lbh suka vario,
    pernah nyoba mio(bukan soul) soknya keras,dan handlingnya terlalu ringan,entahlah kalo soul

    Reply

  12. keren, ane pake vario tapi

    Reply

  13. Vario sajahlah

    tp ane pilih Hayate:mrgreen: (coba kalo masih ada Skywave)

    Reply

  14. Tetep pilih nex aja😆

    Reply

  15. Tetep vario kemana2..
    Meskipun saya gak suka kualitas bodynya..

    Vario cm kalah ditopspeed,
    Tp soal akselerasi/tarikan, kenyamanan dan irit vario lbh sip
    Vario nerjang jalan kasar anteng2 aja, velgnya jg lebih solid/kuat, gak gampang peyang.
    Vario pake radiator karena kompresinya tinggi
    :d

    Reply

  16. Posted by hanz on February 1, 2012 at 4:42 pm

    bagus dua2nya tergantung selera

    Reply

  17. kalo performa ane rasa menang vario, mio soul ane aja susah banget nguber vario, kalo akselerasi 0-60 sih masi lumayan

    Reply

  18. Posted by Frey on June 1, 2012 at 6:25 pm

    6w sh Vario
    irit,enak tp bertenaga

    mio enak tarikan bawahnya tp klo klo di atasnya enakan vario

    Reply

  19. Posted by rz.fahlevi on June 20, 2012 at 2:09 pm

    tarikan dan kenyamanan enk mio soul gw uda cobain ko perbedaan vario ma mio soul

    Reply

  20. Posted by reev on August 25, 2012 at 5:52 am

    w pake soul, kakak saya pake vario. sama2 bongsor, emg sih soul enk d ajak manuver. tp kestabilan agak kurang. sama2 standar, soul borosnya minta ampun dah. cobain lah kalo g prcaya! matic lbh baik deh pake radiator. pendinginan lbh bgus. kan mesin matic psti d dalem?🙂

    Reply

  21. Posted by gunawan wibisono on February 4, 2013 at 4:02 pm

    semua bener yg salah yg belom punya motor metic

    Reply

  22. Posted by zhiefauzhi on June 1, 2013 at 9:46 pm

    Vario lah……dari bbm lbih unggul dari mio trus velg juga kalo mio gambang rontok trus yg racing,a gampang bengkok …
    Soal msih kalo mio kalo udah panas kaga ada tenaganya ment alias ngemposss !!!
    Liat msin honda kalo udah panas tenaganya bisa doeble alias makinnn kenceeenggg …!!

    Reply

  23. Posted by tony on December 30, 2013 at 12:44 pm

    mio soul gt
    kompresi 9,3:1
    max torsi : 0,87 kgf-m /5000rpm
    max power 7,75 ps /8500rpm

    vario 110
    kompresi 10,7:1
    torsi 0,86 kgf.m /6500 rpm
    max power 8,99ps /8000 rpm

    walau kalah 5cc dan lebih berat, belum pernah sekalipun vario w kalah sama mio soul. mio cuma menang awalan hbs tu dibabat vario w telak. ditambah watercooled, stroke yg lebih pendek, dan rpm yg lbh rendah mesin vario jauh lebih awet dan bertenaga dari mio soul.

    Reply

  24. Posted by indar on November 11, 2014 at 3:49 pm

    tapi kalo vario kena banjir langsung keok….kalo soul mau banjir2antetepngacir,secara jakarta dimane2 banjir 🙂

    Reply

  25. lebih enak mobil matic kya-a. ga kena panas hujan…. kwkwkwkwkw

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: