Biker sruntulan ? wajar !

Pertama tama saya ingin katakan bahwa post ini bukanlah pembenaran ataupun alasan dari kelakuan saya maupun biker di jakarta pada umumnya😆 . dan perlu saya katakan juga saya hanyalah manusia biasa dan bukan orang suci dan tidak akan menganggap diri saya suci:mrgreen: sebagai (calon) psikolog yang beraliran humanistik maka saya akan melihat dari berbagai sisi tentang perilaku biker di jalan raya dan juga tentunya dari  instropeksi diri maupun observasi lingkungan tentang kenapa biker itu rata rata sruntulan di jalan😆

oke, ssebagai blogger otomotif  kw 100, maka tentu saya sedikit banyak paham tentang safety riding, aturan di jalan raya, rambu rambu lalu lintas dan sebagainya meskipun tentu tidak mendetail seperti blogger otomotif kw 1😆 tapi apa saya setiap hari menerapkan safety riding dalam keseharian saya bermotor ? jawabannya tidak , saya masih sruntulan, suka naik trotoar , potong kiri potong kanan, lampu sen lupa nyala, gak pake sarung tangan, gak pake sepatu , gak pake jaket berprotector, kadang lampu masih merah udah jalan dan sebagainya:mrgreen:

Lalu apa penyebab dari perilaku saya dan ratusan ribu biker lainnya ? dilihat dari sisi psikologis maupun ilmu jelas saya paham apa itu safety riding…tapi apa saya bisa menerapkannya ? tidak ? kenapa ? lebih banyak dipengaruhi faktor eksternal alias lingkungan😆

marilah kita bahas satu persatu apa kira kira penyebabnya

1. Polusi

Saya bisa tiba tiba sruntulan dan ugal ugalan kalau di depan saya ada metromini,kopaja,panther,fortuner dan kendaraan yang menggunakan solar lainnya karena ngebul bro…maka dengan tujuan tidak ingin menghirup gas buang mereka yang hitam pekat, maka biasanya saya menjadi sruntulan dengan harapan bisa mendahului mereka:mrgreen:

2. Panas matahari

Pernah merasakan berkendara dibawah terik matahari siang hari yang menyengat dan membuat kemeja dan kaos anda basah oleh keringat ? belum lagi helem anda yang terasa sangat lengket karena kulit kepala anda juga berkeringat?:mrgreen: dalam keadaan tersebut saya juga biasanya menjadi sruntulan karena ingin cepat cepat sampai tujuan dan mencari angin yang bisa sedikit mendinginkan tubuh:mrgreen:

3. Terlambat

Kalau terlambat ini sih sebenarnya bukan faktor eksternal, tapi lebih soal urusan disiplin diri:mrgreen: tapi yasudahlah saya masukkan juga disini agar daftar ini bisa panjang dan terlihat menarik:mrgreen: kalau terlambat rata rata orang pasti sruntulan, hal ini berlaku umum, tidak hanya biker saja ,tapi juga driver:mrgreen:

4. Lelah

Rasa lelah setelah sekian jam bekerja di kantor membuat siapapun ingin cepat sampai ke rumah untuk merebahkan diri di kasur ditemani buah potong:mrgreen: dalam keadaan lelah fisik maupun pikiran, biker seperti saya cenderung menjadi sruntulan agar bisa cepat sampai ke rumah dan mengumpulkan tenaga untuk berperang lagi esok harinya

5. Lapar

Tidak beda jauh dengan diatas, tapi disini ceritanya lapar dan tidak punya uang untuk makan di jalan jadi terpaksa sruntulan agar bisa isi perut di rumah😆

6. Emosi tidak stabil

Emosi yang tidak stabil, bisa abis diputusin pacar, dipecat kantor, dimarain boss , ditolak calon mertua dll bisa membuat seseorang jadi ikut sruntulan:mrgreen:

Apakah menurut rekan rekan masih ada lagi ? akan saya tambahkan apa yang menurut teman teman layak ditambahkan kesini:mrgreen:

Sekali lagi saya katakan bahwa saya tetap berusaha untuk menjadi lebih baik dan sama sekali tidak bangga akan perilaku saya di jalanan, harap maklum:mrgreen:

12 responses to this post.

  1. ada kalanya seseorang terpaksa menjadi alay sejenak, walau kemudian menyesalinya..manusiawi

    nitip masbro..
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/08/09/apa-yang-ada-dalam-bagasi-motor-saya/

    Reply

  2. ga semua mobil solar ngebul bro…
    tergantung perawatannya juga…

    Reply

  3. eit jangan lupa brots.. asep putih ngebull dari 2tax / mesin yg udah jablay eh jebol😆 misal bajay, bemo, mesin yg pembakarannya ‘kurang’ / lebih tepatnya gak pernah sempurna juga termasup polusi lhoeeww wakWak😆

    Reply

  4. satu lagi mas bro… lagi laper atau kebelet.. xixixixi

    Reply

  5. 6. itu kalo lagi emosi memuncak-kesal-marah-dll….
    terus terang saya sih palingan karena faktor no 1 dan 6.
    namun perlu dicermati bahwa biker dengan SAFETY GEAR belum tentu SAFETY RIDING. tapi yang pasti kalau santun di jalan rata pasti SAFETY RIDING. walaupun GEARnya enggak lengkap.

    Reply

  6. kalo lagi kebelet PUP… nah mau gak mau musti sruntulan.. peduli amat makian orang…

    Reply

  7. no 1 & 2 bener bgt mzbro..

    Reply

Leave a Reply

