My customers is My Friend

Dalam dunia jual menjual, apalagi sebagai Sales, Network dan kepuasan customer itu sangat penting apalagi jika kita adalah Frontman alias Sales :mrgreen:  karena jika ada satu customer yang tidak puas, biasanya sang customer akan langsung menyebarkan ceritanya bagai virus Flu:mrgreen: tapi juga sebaliknya, jika customer puas maka dia pasti akan mereferensikan kita ke kerabat atau teman temannya😆

Bagaimana tips saya menjaga kepuasan customer ? sederhana saja dan saya pikir ini cukup umum tapi sering diabaikan para sales

1. Jangan janji manis di awal lalu ternyata tidak bisa ditepati… Kesalahan sales yang paling fatal, Seharusnya kita membina hubungan jangka panjang dengan customer, bukannya hanya hit and run, alias yang penting closing dulu,soal ketersediaan unit dan stok barang urusan belakangan…jika ternyata customer sudah berharap harap tapi anda mengacaukan harapannya dijamin sang customer akan marah besar:mrgreen: dan jangankan mereferensikan anda, menghubungi andapun mungkin sudah malas…

Contoh nyata dari saya :

Ada customer ingin mengambil All new sirion matic warna hitam, Sudah datang ke dealer dan sudah test ride dengan saya, tapi memang saat itu stok inden masih cukup panjang sehingga tidak pasti kapan bisa didapat, saya tidak memberikan janji palsu ke dia dan  hanya mengatakan kemungkinan dalam 2-3 bulan sudah dapat…tapi karena sang customer tidak ingin menunggu selama itu dan dia sudah menelepon ke dealer lain bahwa katanya di dealer lain itu ready stock akhirnya yasudah saya bilang gpp ambil aja di dealer itu…mungkin kita belum Jodoh:mrgreen: akhirnya sebulan kemudian dia BBM saya bahwa ternyata sales di dealer tetangga hanya janji janji manis karena sudah sebulan unit belum juga tersedia, karena sudah terlanjur memberikan tanda jadi 5 juta rupiah dan sayang kalau uang tanda jadinya hilang, maka sang customer dengan jengkel menunggu dalam ketidakpastian dan tenggelam dalam janji janji manis Sales nakal tersebut:mrgreen: akhirnya setelah unit didapat ternyata ada temannya tertarik juga dengan All new sirion, guess what, apakah sang customer itu mereferensikan sales yang bermulut manis dan memberikan janji palsu tersebut ? ternyata tidak, sayalah yang direferensikan walaupun awalnya customer itu tidak Jadi ambil dengan saya😆 akhirnya malah saya dapat referensi 2 unit dari Customer tersebut…Walau awalnya mungkin terlihat kita sepertinya loss order karena Customer itu ambil di sales lain, tapi akhirnya saya malah dapat referensi 2 unit, customer baru dan kawan baru dan yang pasti kepercayaan yang sangat penting itu tidak saya sia siakan😎 sedangkan sales yang bermulut manis itu hanya dapat satu customer yang akhirnya tidak puas dan dipastikan tidak akan ambil lagi sama orang tersebut :mrgreen:  ini kisah nyata ya😆

2. Pastikan bonus yang anda berikan sesuai dengan apa yang anda janjikan

Dalam dunia otomotif, sudah wajar kita memberikan bonus bonus berupa kaca film, sarung jok,karpet dasar aksesoris dll pada customer, nah hal ini sama seperti diatas, jangan janji manis di awal lalu kenyataannya berbeda… misalnya anda janji memberikan dia aksesoris berupa kaca film lalu ternyata aksesoris tersebut tidak anda berikan, bayangkan kecewanya customer anda tersebut dengan anda, nah karena itu walaupun mungkin harus nombok karena komisi dari penjualan tersebut tidak menutup harga aksesoris tersebut saya tetap sarankan anda memberikannya karena sekali lagi ini terkait dengan Trust dari customer kepada anda

sekali lagi contoh nyata dari saya:mrgreen:

Saya menjanjikan customer akan mendapatkan spoiler, tapi setelah saya hitung hitung ternyata komisinya tidak cukup karena customer itu belinya cash, akhirnya saya nombok sekitar 100 ribu, tapi apa saya lalu menyesal ? tentu tidak, karena ini terkait dengan janji antara laki laki😳 eh maksudnya janji saya sebagai sales profesional😎 bayangkan bila ternyata spoiler yang saya janjikan itu ternyata tidak ada, pasti dari delivery sampai sekarang dia tidak akan pernah menghubungi saya, ternyata dia masih menghubungi saya walaupun sebatas minta tolong BPKB diantar😳 tapi saya yakin suatu saat dia akan ambil unit lagi atau dapat referensi lain

Satu lagi bukti kalau customer kita sudah menganggap kita temannya, selain dia tidak sungkan minta tolong ke kita, kita juga suka dapat oleh oleh kalau customernya pergi keluar kota, seperti saya pernah dikasih telur asin 2 kilo waktu customer saya berangkat entah kemana dan yang terakhir ini dikasih kue karena customer saya baru dinas dari bali:mrgreen:

Pie susu dan kacang disko:mrgreen: bukan soal harga atau rasa, tapi bangga karena ternyata kita sebagai salesnya diingat oleh sang customer kita itu adalah kepuasan tersendiri……*terharu😦

8 responses to this post.

  1. enyakkkkkkkkkkkkkkk

    Reply

  2. Posted by wooo on October 17, 2011 at 2:43 am

    wah kurang lebih sama pengalamannya ama ane bro.emang dalam hal aksesoris tambahan klo kita uda janji kasi, tetap hrs dikasi meskipun kita nombok.lbh baik sih dihitung2 dulu sblm kasi aksesoris tambahan ke customer.klo kita lebih komisinya sih ok tp klo pas-pasan/bli tunai unitnya hrs hitung ulang dulu.kebetulan dulu ane juga ex sales honda

    Reply

  3. mantep om konsistensinya, salut:mrgreen:

    Reply

  4. Kerja di DSO mana mas?

    Reply

Leave a Reply

