Memecat karyawan dengan bijaksana

Bagi para bos dan calon bos:mrgreen: saat saat ketika diharuskan memecat seseorang pasti bukan sesuatu yang menyenangkan, tapi jika hal tersebut harus dilakukan, lakukanlah dengan elegan:mrgreen:

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan barang bukti tentang performa dan hasil kerjanya selama ini, termasuk setiap surat peringatan dan laporan laporan hasil pekerjaan dan bukti bukti pendukung lainnya, bisa diminta ke bagian HRD seperti absen karyawan dll:mrgreen:

Hal kedua adalah buatlah batas waktu ia keluar dari kantor untuk membereskan sisa sisa pekerjaan dan barang barangnya, termasuk kapan ia harus mengembalikan properti kantor dan fasilitas kantor seperti laptop, mobil dll

Hal ketiga adalah membuat jadwal pertemuan dengan karyawan tersebut  dan konsultasilah dengan pihak HRD untuk memastikan bahwa pemecatan dia telah sesuai dengan panduan pihak HRD dan memang anda sudah tidak bisa menahan dia lebih lama lagi

Hal keempat saat pertemuan berlangsung adalah hindari basa basi dan langsung ke tujuannya ” YOURE FIRED” lalu jelaskan tentang pesangon dan batas waktu ia harus membereskan semuanya, dan jangan lupa tawarkan bantuan misalnya anda akan mereferensikan dia ke perusahaan lain dan sebagainya😈

Ya begitulah tips dan trik memecat karyawan dengan bijaksana dari saya walaupun saya belum pernah berkecimpung di dunia HRD:mrgreen:

11 responses to this post.

  1. Tanya pak guru
    kalau sang bawahan dipecat gara2 nilap duit kantor masak juga direfrensiin ke tempat baru? terus kalau bawahannya kayak gitu enaknya diapain

    Reply

    • wah kalo nilep mah udah pecat dengan tidak hormat tuh….

      tapi kalo memang performanya masih dibutuhkan bisa digali kenapa sampe nilep duit kantor apa ada kebutuhan yang sangat mendesak, intinya gali informasi kenapa sampe harus nilep duit, apa gk bisa ngmong ke atasan untuk kasbon😛

      Reply

  2. Kalo jadi wiraswastawan yang mecat gimana yak?😀

    Reply

  3. wewewew, metode yang seharusnya dilakukan oleh setiap perusahaan…….

    soal mereferensikan perusahaan…..tindakan yang baik sekali:mrgreen:

    Reply

  4. gak enak kalo mecat karyawan ,,

    rasa kasihan,, dll menyatu😀

    Reply

  5. Posted by enth on November 16, 2011 at 10:26 pm

    perusahaan nakal malah nggak mem PHK, tapi dibuat merasa tidak nyaman hingga mengundurkan diri dengan sendirinya. kan untung bagi perusahaan, nggak perlu ngasih pesangon cukup uang jasa

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: